Thursday, September 17, 2020

Mate kudasai!

Hmm... akhirnya setelah galau hampir dua minggu, nekad juga upgrade OS ke Ubuntu Mate 20.04.1 LTS (Focal Fossa), horee... hmm... sudah lama tak mencicipi Mate ala Ubuntu ini, ada beberapa hal yang berbeda dengan Linux Mint Mate, tapi okelah, secara pengalaman hampir sama.

Seperti pengalaman reviewer lain, booting versi terbaru ini berbeda. Ada layar abu-abu, abis itu nongol logo Asus kayak pas awal laptop nyala, abis itu nongol logo Mate, kadang nongol logo Asus lagi, baru masuk layar login. Hmm... tapi booting-nya lebih cepet dari Ubuntu versi sebelumnya, hmm... ada apa ini?! 

Satu bug yang sangat mengganggu, pas copy file gede (dan banyak) dari HDD eksternal ke HDD internal, desktop-nya jadi lemot lemot lalu membeku, ah eh... setelah proses copy selesai barulah normal lagi. Hmm... ini faktor kernel yang gak cocok apa si caja yang memang berkutu yaa... cobain pake nemo sama juga, okeh sepertinya sistem yang berkutu atau kernel yang gak cocok. Mudah-mudahan abis update, si kutu ini ilang. 

Desktop terbilang stabil, meski sempat beberapa kali crash pas nyobain GRUB Customizer. Hmm... bisa dimaklum lah ya, secara ini baru keluar bulan April kemarin, masih banyak kutu yang mesti diperbaiki. Hmm... tapi secara pandangan pertama, Ubuntu Mate 20.04.1 LTS ini cukup memuaskan! Mantap 👍




No comments:

Post a Comment