Wednesday, September 16, 2020

Galau upgrade

Hmm... tak terasa sudah hampir 3 tahun pakai laptop Asus E203NAH ini 😆 dengan OS default masih Linux Mint 18.3 (Sylvia) yang berbasis Ubuntu 16.04 LTS (Xenial Xerus). Hmm... jadul? Tentu saja, tetapi masih bisa diandalkan, terutama sekali ketika untuk nge-print ke printer kantor yang nyambung ke Windows 7. Entah mengapa, ketika dicoba dengan Linux Mint atau Ubuntu versi lebih tinggi, selalu gagal untuk nge-print, dengan pesan error autentikasi, minta user name dan password, padahal itu printer dan sharing sama sekali gak dikasih password. Dimasukin "user user" atau "Guest" tetap tidak mau. Bahkan diotak-atik setingan samba dan CUPS nya tetap nihil. Hmm... akhirnya terpaksa stuck di Sylvia dan XX, hmm.... 

Selain Sylvia, di laptop itu juga dibikin partisi lain tuk nyoba-nyoba distro linux lainnya. Udah nyoba Manjaro, Ubuntu Mate, Linux Mint XFCE, Lubuntu, Xubuntu, hmm... apa lagi ya? Yang paling berkesan Lubuntu, hmm... versi 18.04 LTS ya kalo gak salah, versi terakhir dengan LXDE, wuih, ringan sekali, cuman makan RAM 240 MB saja (dibandingkan XFCE yang makan RAM sekitar 350 MB). Sayangnya, kurang rapi tampilannya dan males ngoprek, apalagi nge-print bermasalah juga. Gagal upgrade! Kemarin sempat nyobain juga Lubuntu terbaru yang udah pake LXQt, hmm.. makan RAM lebih gede sih, sekitar 350 MB apa 400 MB ya, masih okelah tuk 2020.

Pengalaman dengan XFCE, tepatnya Linux Mint 20 XFCE, setting brightness layar gak bisa pake tombol keyboard 😅 hmm... ini merepotkan. Dan lagi versi terbaru ini makin banyak makan RAM, kalo gak salah 500 MB-an. Ini sih bisa diadu dengan KDE neon.

Oh, ok... sempat nyobain KDE neon juga, dengan konsumsi RAM sekitar 450 MB-an. Bagus sih, tetapi kurang sreg dengan star menu-nya, dan tampilannya kurasa terlalu ramai, tidak sesimpel Mate . Ohh, ini gagal move on dari Mate sepertinya. Cinnamon sebetulnya sangat menggoda, tetapi sayang makan RAM 900 MB-an, ini tidak bagus untuk laptop yang hanya 2 GB RAM. Hmm... Gnome apalagi, bisa 1,5 GB 😂 dulu nyobain di Manjaro kalo gak salah. Ok, mundur deh. 

Distro lainnya, elementary OS, mirip dengan tampilan Mac OS. Kekurangannya, tampilannya itu gak bisa dikustomisasi, gak fleksibel 😌 hmm... tidak seperti Mate , Cinnamon, atau lainnya. Hmm.. ini tidak cocok untuk pengoprek tampilan sepertiku.

Hmm... setelah galau sekian lama... upgrade ini mau tidak mau harus dilakukan, hmm... Linux Mint 20 atau Ubuntu 20.04 LTS sepertinya masih baru, masih harus berbenah. Kita mundur sedikit ke Linux Mint 19.3 Mate atau Ubuntu Mate 18.04.5 (kemarin sudah donlod yang versi 32 bit, eh ternyata gak bisa booting USB nya, mungkin harus versi 64 bit demi UEFI, atau pake sopwer lain tuk masukin ISO-nya ke UFD)


 

Kemarin sudha nyoba di partisi yang satunya, sepertinya menjanjikan 😤 hmm, tetapi ketika cek di Mate Tweak, ternyata layout desktop-nya tidak semeriah Ubuntu Mate. Wah, jadi galau. Apalagi Ubuntu Mate udah bisa global menu ala ala Mac OS, hmm... tetapi Ubuntu Mate sering crash 😆 kalo inget pengalaman nyobain dulu, ato cek review beberapa pengguna, hmm... apakah mendingan Tricia yang stabil atau Ubuntu Mate yang meriah itu ya? Hmm... inilah galau upgrade!

No comments:

Post a Comment