Friday, November 3, 2017

Tes 17.10

2 november kemarin akhirnya jadi juga beli laptop baru. Yay.... Asus E203 NAH. Netbook tipis ukuran 11 inci dengan intel Celeron 3350 Appolo Lake, 2 GB RAM, dan 500 GB HDD. Yang menarik tentu saja daya tahan batre yang bisa mencapai 10 jam, yaaa... kalo dipake ngetik doang sih. Asik lah, gak usah keseringan ngecas. Ini juga pas ngetik entri blog yang satu ini batrenya tinggal 25% tapi diperkirakan bisa tahan sampe 2,5 jam lagi. Wow! Akhirnya netbook yang benar-benar netbook, hmmm.... kembali ke tujuan semula fungsi dan keberadaan netbook itu sendiri. Kekurangannya... di sisi port yang dipangkas abis. Sisa USB 3.0 dua lobang, 1 HDMI, dan 1 USB tipe C. Sayonara port D-Sub dan RJ-45 (LAN) ... gak bisa nebeng colokan buat ngenet di kantor dehhh... ah tenang aja, tinggal bikin hotspot sendiri... lagian ini kan buat dipake di rumah, berhubung PC nya udah dijual... nunggu APU Ryzen kayaknya masi lamaaa... pake banget.

Ok, laptop baru... pake Endless OS, sempet nyoba bentar, tapi ah kok gak sreg ya... mana gak support multi-gesture, akhirnya pake Ubuntu terbaru, versi 17.10, Artful Aardvark. Mantap... ehhh... tunggu dulu... kok shutdown nya macet parah... ada mentok nungguin apa itu, lama pake banget, ya sudahlah shutdown paksa saja. Ternyata banyak juga yang mengalami kejadian serupa. Katanya sih kernelnya ada bugs. Ya sudahlah... bersabar saja nunggu dibenerin. Ada jalan keluarnya... matikan Wi-Fi dan LAN dan barangkali blukutuk sebelum shutdown.

Hmm.... tampilan ala mac os memang menggoda, tetapi makan banyak tempat.



Mendingan tampilan ala Windows yang biasa deh.


 

Aih, wi-fi nya  kayaknya memang biang kerok ngebugs nih. Untung draf blog sudah tersimpan. Okeh... mungkin ntar mundur dulu ke ubuntu 17.04 atau mint 18.2.

No comments:

Post a Comment