Friday, April 14, 2017

Nyobain Ubuntu Mate 17.04 (Zesty Zapus)



13 April 2017, sesuai tradisi komunitas ubuntu, bakal ada rilis baru dengan kode buntut 04. Tahun ini, kode namanya Zesty Zapus. Kabarnya sih, ada beberapa perubahan yang cukup signifikan. Oke mari dicoba.

Setelah melihat-lihat review di yutub, jadilah donlod Ubuntu 17.04 rasa Mate. Gak jauh beda dengan Linux Mint yang sebelumnya dipake, hmm... Tampilan GUI berasa lebih solid... tema, ikon, wallpaper. Ngetes versi live, udah ada vlc dan codec multimedia buat nyetel mkv, wah bisa nyaingin Mint nih kalo begitu. Setelah puas liat-liat, mari diinstal. Err... lumayan lama juga instalasinya, apa gara-gara terhubung ke internet, jadinya ada update jalan? Hmm... setelah 15 menitan akhirnya beres, langsung install Synaptic, terus masukin  aplikasi yang biasa dipake: audacious, smplayer, qcomicbook, bzflag, sisanya nyusul deh...

Networking jalan, tapi pas coba bikin hotspot kok gagal yah... barangkali bugs, kita tunggu saja keluhan dari pengguna lainnya, wkwkwkwk... biasa lah kalo barang baru rilis memang suka ada bugs. :-D Terus, ada blukutuk (bluetooth) nongol, padahal perasaaan ini netbook kagak ada blukutuknya. Ah, ternyata si ada si BlueMan jalan otomatis! Mungkin karena netbook kekinian udah pada pake blukutuk jadinya dibikin otomatis ada manajer blukutuk jalan pas start up.

Nah, kita lanjut kustomisasi dulu sekalian ngetes-ngetes.


No comments:

Post a Comment