Wednesday, March 8, 2017

Jendela Rusak, untung ada Serena-chan




Oh yes oh no! Windows 7 yang terpasang di laptop tiba-tiba bluesceen. Padahal baru saja kelar scandisk dan defragment. Sebelum-sebelumnya sering freeze gitu deh. Ah, ya sudalah... nanti install ulang saja. Untung kemarin udah siap-siap. Beberapa data penting sudah disalin ke harddisk eksternal. Beberapa file yang jarang diakses akhirnya dihapus saja. Sisa ruang lumayan banyak, ada sekitar 50 GB. Bikin partisi baru aah buat instalasi Linux. Setelah liat-liat di distrowatch.com, baca review, dan ngintip penampakannya di yutub, jadilah donlod Linux Mint 18.1 dengan kode nama Serena. Sekalian donlod elementari OS terbaru juga buat perbandingan. Setelah dua-duanya dites, ternyata lebih enak Linux Mint.Distro elementary OS gak cocok pilihan aplikasinya. Minimalis banget pokoknya. Sementara itu, Linux Mint lebih cenderung mainstream. Secara ranking, Linux Mint juga nangkring di peringkat 1 di distrowatch. Instalasi linux selesai tepat sebelum sang jendela rusak, untunglah. Mari mengungsi sejenak bersama Serena-chan, hmm....

Sebenernya, ini bukan pertama kalinya pake Linux. Perkenalan pertama sama Linux itu pas kuliah di IPB, kebetulan server komputer jurusan pake Linux SuSE, tadinya sempat keder dapet terminal kayak Command Prompt DOS. Ah, ternyata ada GUI nya juga, tinggal pilih mau KDE apa Gnome. KDE lebih meriah dan heboh, beda banget sama Windows XP waktu itu. Tombol Start bulat, panel bawah gede, ada virtual desktop (workspace), wow keren! Sementara itu, Gnome lebih sederhana tampilannya. Gara-gara Linux, jadi kenal juga sama web browser Mozilla (kakek moyangnya Firefox), Opera, dan Konqueror. Tab browsing memberikan pengalaman baru yang gak ada di Internet Explorer 6. Asyik lah pokoknya ngoprek Linux itu. Saking kecanduan, sering beli majalah InfoLinux juga. Lumayan lah, ada bonus CD. Bahkan beli bukunya juga yang berikut bonus CD OS Mandrake dan Redhat, sama-sama bikinan InfoLinux.

Kalo inget-inget jamannya Linux dulu, install driver VGA nvidia aja kudu pake compile sama edit file konfigurasi. Pun belum ada perintah sudo, kadang sesekali iseng login pake akun root, hmm... tapi sekarang berbeda. Linux Mint gampang banget pakenya. Hampir semua pengaturan bisa dikerjakan lewat GUI, gak usah repot ke Terminal. Tetapi agak kecewa juga sama Linux Mint 18.1 yang gak menyertakan codec multimedia di dalam ISO. Padahal dulu-dulu sih sudah langsung masuk, sekarang kudu donlod. Yah, meski tinggal pencet satu tombol aja di Welcome Screen. Semoga di rilis berikutnya bisa dipertimbangkan untuk memasukkan codec itu biar bisa langsung nyetel musik atau film.

No comments:

Post a Comment